11 Permasalahan Yang Dihadapi Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara besar dan beranekaragam. Indonesia termasuk dalam kategori negara berkembang. Sebagai negara berkembang, saat ini Indonesia masih dihadapkan dengan banyak permasalahan, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, maupun pendidikan. Berikut ini dirangkum 11 masalah serius yang terjadi di Indonesia.

1. Kemiskinan
Kemiskinan merupakan masalah utama yang melanda Indonesia. Hampir di setiap sudut ditemukan pemukiman kumuh. Ada sekitar 30 juta rakyat Indonesia yang hidup sangat miskin. Penyebab utama kemiskinan adalah ledakan penduduk yang tidak disertai dengan peningkatan kualitas penduduk tersebut ditambah lagi dengan kebutuhan hidup yang makin kompleks dan mahal.

2. Korupsi
Korupsi sangat merugikan negara. Mereka adalah pencuri uang yang telah kita bayar ke negara melalui pajak. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, bisa jutaan hingga milyaran sekali korupsi. Kurangnya efek jera menjadi penyebab utama korupsi ini. Negara lain sudah menerapkan hukuman berat bagi pelaku korupsi. Seperti di Arab Saudi yang dihukum potong tangan. Bahkan Tiongkok menerapkan hukuman mati.

3. Kualitas Pendidikan Rendah
Sistem pendidikan di Indonesia bisa dikatakan sangat buruk. Biaya sekolah yang semakin mahal tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan. Memang siswa selalu lulus dengan nilai sangat baik, tetapi angka tersebut hanya diatas kertas. Buktinya kualitas penduduk Indonesia masih sangat rendah dibandingkan di negara lain. Tak heran kita selalu mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri sementara kita selalu mengirim tenaga kerja ke luar negeri sebagai buruh atau pembantu.

4. Penegakan Hukum Sangat Lemah
Negara Indonesia adalah negara hukum, tapi kenapa hanya rakyat kecil yang dihukum? Penyebabnya karena hukum di Indonesia masih bisa dipermainkan. Orang kaya masih bisa terbebas dari jeratan hukum. Jangan dulu melihat kasus-kasus hukum yang besar, kita masih bisa melihat di sekitar kita. Terutama saat ditilang polisi. Apa yang biasanya dilakukan? Tentu saja menyuap polisi tersebut. Kalau terus saja dibiarkan begini, hancurlah Indonesia.

5. Pengelolaan Sumber Daya Alam Buruk
Sampai sekarang kita tidak bisa mencapai swasembada beras. Padahal Indonesia adalah negara agraris yang sangat luas. Namun karena kesejahteraan petani tidak pernah diperhatikan, banyak dari mereka yang menjual lahan pertaniannya dan dialihfungsikan menjadi perumahan. Kita juga tidak pernah menikmati hasil bumi kita yang melimpah secara utuh. Justru pihak asing yang mengelola dan mengambil hasil pertambangan kita, sedangkan kita hanya mendapatkan pemasukan dari pajak dan upah buruh.

6. Kerusakan Lingkungan
Kerusakan lingkungan di Indonesia sudah semakin parah. Penebangan hutan secara ilegal, pembuangan sampah dan limbah pabrik ke sungai, alih fungsi lahan, dan penggunaan kendaraan bermotor yang semakin meningkat. Penyebabnya sangat kompleks. Intinya adalah penegakan hukum yang kurang serius dan kurangnya kesadaran dari setiap pihak.

7. Kesenjangan Sosial
Ini sudah biasa terjadi di negara kita dimana orang kaya akan tetap kaya sampai tujuh turunan, sedangkan orang miskin tetaplah miskin walau sekeras apapun dia bekerja. Pendidikan yang layak adalah satu-satunya jalan untuk mengatasi kesenjangan sosial ini. Saya juga menyarankan mereka yang tidak bekerja untuk menjadi pengusaha.

8. Kemacetan Semakin Menjadi-jadi
Di beberapa kota besar di Indonesia, kemacetan sudah menjadi hal yang lumrah. Kemacetan disebabkan oleh penggunaan kendaraan bermotor yang meningkat dan banyak orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor ketimbang bersepeda walaupun jarak tempuhnya cukup dekat. Contohlah Singapura dimana penduduknya setiap hari menggunakan angkutan umum dan mau berjalan menuju tempat kerjanya.

9. Fasilitas Kesehatan Kurang dan Mahal
Rakyat miskin seringkali kesulitan mendapatkan akses perawatan kesehatan yang memadai. Terutama mereka yang tinggal di daerah tertinggal. Mereka harus berjalan berpuluh-puluh kilometer hanya untuk pergi ke puskesmas terdekat. Sedangkan mereka yang tinggal di kota dikeluhkan dengan biaya rumah sakit yang sangat mahal. Namun keberadaan BPJS Kesehatan sudah sangat membantu masyarakat untuk meringankan biaya pengobatan. Saran saya untuk selanjutnya adalah: membangun lebih banyak puskesmas supaya masyarakat yang tinggal di pedalaman bisa memperoleh fasilitas kesehatan.

10. Masalah Keamanan
Banyak sekali terjadi kejahatan. Entah itu premanisme, terorisme, pencurian, perampokan, pembunuhan, dll. Kebanyakan masalah tersebut terjadi karena kemiskinan dan kurangnya pendidikan. Saat ini penjahat semakin nekat melakukan aksinya, walaupun sebenarnya pelaku kejahatan tersebut sudah pasti tertangkap polisi.

11. Darurat Narkoba
Perkembangan kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan narkoba semakin sulit untuk dibendung. Perlu upaya ekstra dan dilakukan secara intens serta berkelanjutan untuk dapat mengatasi kondisi darurat narkoba yang saat ini dialami negara dengan jumlah penduduk hampir mencapai 300 juta jiwa ini.

Baca juga: Pengertian Wawasan Nusantara, Fungsi, dan Tujuannya
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: 11 Permasalahan Yang Dihadapi Indonesia
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel 11 Permasalahan Yang Dihadapi Indonesia ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "11 Permasalahan Yang Dihadapi Indonesia"

Posting Komentar

close