Pengertian Sublimasi dan Contohnya

Sublimasi berkaitan dengan kimia, jadi jika Anda tertarik untuk belajar ilmu kimia, maka artikel ini akan berguna bagi Anda. Sublimasi merupakan salah satu istilah dalam ilmu kimia yang mana ia berkaitan dengan perubahan zat. Simak pengertian sublimasi secara detail seperti diterangkan dibawah ini.

Pengertian Sublimasi


Sublimasi adalah perubahan wujud dari padat ke gas tanpa mencair terlebih dahulu. Contohnya es yang langsung menguap tanpa mencair terlebih dahulu. Pada tekanan normal, kebanyakan benda dan zat memiliki tiga bentuk yang berbeda pada suhu yang berbeda-beda. Pada kasus ini transisi dari wujud padat ke gas memerlukan wujud antara. Namun untuk beberapa antara, wujudnya dapat langsung berubah ke gas tanpa perlu mencair. Ini dapat terjadi ketika tekanan udara pada zat tersebut terlalu rendah untuk mencegah molekul-molekul ini melepaskan diri dari wujud padat.Sublimasi juga dapat diartikan sebagai metode pemisahan campuran yang didasarkan pada campuran zat yang memiliki satu zat yang dapat menyublim (perubahan wujud padat ke gas), sementara zat lainnya tidak bisa menyublim. Misalkan, campuran iodin dan garam bisa dipisahkan dengan cara sublimasi.

Contoh Sublimasi


Contoh sublimasi lainnya adalah pada proses pembuatan kapur barus. Campuran kapur barus dan arang dipanaskan yang pada akhirnya kapur barus yang dapat menyublim akan menguap. Kemudian zat tersebut didinginkan, alhasil menjadi padat kembali.

Demikian informasi ringkas yang diharapkan berguna bagi Anda, khususnya bagi Anda yang ingin banyak tahu tentang ilmu kimia atau istilah-istilah dalam ilmu kimia.


0 comments

Post a Comment