Pengertian Bhinneka Tunggal Ika

Negara Indonesia identik dengan sebutan negara Bhinneka Tunggal Ika, namun sudahkah Anda memahami apa yang dimaksud Bhinneka Tunggal Ika itu? Sebagai bangsa Indonesia yang baik, kita wajib untuk mengetahuinya. Mari kita ulas bersama pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam buku Sutasoma.

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika


Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia. Frasa ini sebenarnya berasal dari bahasa Jawa Kuno yang seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang memiliki arti meskipun berbeda-beda tetapi sebenarnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Moto ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Sejarah Bhinneka Tunggal Ika


Kakawin Sutasoma merupakan karangan Mpu Tantular yang dituliskan menggunakan bahasa Jawa kuno dengan aksara Bali. Diketahui, Kakawin Sutasoma dikarang pada abad ke-14. Kutipan frasa 'Bhinneka Tunggal Ika' sendiri ada dalam petikan pupuh 139 bait 5 pada Kakawin Sutasoma.

Kakawin Sutasoma sekarang bisa dilihat secara langsung dalam Pameran Pancasila yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pameran tersebut diadakan di Museum Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat, No 12, Gambir, Jakarta Pusat.

Kakawin Sutasoma yang dipamerkan telah dituliskan kembali di atas daun lontar berukuran 40,5 x 3,5 cm pada tahun 1851 dengan isi 182 halaman dimana pada tiap halamannya ditulis dalam 4 baris. Namun, tak diketahui siapa yang menuliskan ulang Kakawin Sutasoma tersebut, karena tidak ada petugas yang bisa ditanya perihal informasi lengkap Kakawin tersebut.

Baca juga: Pengertian Konjungsi dan Macam-macamnya

Demikian ulasan mengenai pengertian Bhinneka Tunggal Ika beserta sejarahnya, semoga bisa menambah wawasan Anda.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Bhinneka Tunggal Ika ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Bhinneka Tunggal Ika"

Posting Komentar

close