loading...

Contoh Pidato Peringatan 17 Agustus

loading...
Anda mungkin berkesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Ini tentunya akan menjadi momen yang cukup penting. Dalam pidato tersebut Anda dapat menyampaikan sekian banyak yang berkaitan rapat dengan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan hak-hak bangsa yang sangat besar ini.

Namun demikian, jika sebelumnya Anda belum pernah berpidato di kesempatan yang sama, tidak menutup kemungkinan Anda masih belum paham benar bagaimana cara menyampaikan pidato HUT RI yang benar-benar berkesan bagi banyak orang. Jika kondisinya demikian, maka contoh pidato tentang 17 Agustus berikut ini mungkin akan sangat berguna sekali bagi Anda.

Contoh Pidato 17 Agustus


Contoh #1



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saudara-saudari para hadirin yang kami cintai...

Hari ini tepat tanggal 17 Agustus telah disepakati bersama sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia tercinta. Kita seluruh bangsa Indonesia masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, sungguh tidak ternilai jasa mereka.Kita sebagai bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawan-pahlawan kita, tetapi yang lebih penting lagi pada saat ini ialah mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan. Mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang masing-masing untuk menuju kepada cita-cita kemerdekaan yang pada hakikatnya merupakan juga cita-cita luhur para pahlawan yang gugur mendahului kita yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.Marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita itu dengan semangat pembangunan.

Pembangunan juga merupakan perjuangan yang tak kalah pentingnya dengan perjuangan merebut kemerdekaan. Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara. Kita berusaha tetapi Tuhan yang menentukan. Tetapi ingatlah saudara-saudari, bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang jika orang tersebut enggan berusaha untuk merubah. Kemerdekaan yang kita peroleh juga merupakan rahmat dari Tuhan. Namun demikian, jangan diharap Tuhan akan memberikan semua apa yang kita cita-citakan jika kita sendiri tidak mau berusaha secara maksimal.

Sekali lagi, marilah peringatan HUT RI kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan pahlawan kita, semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat pembangunan untuk mengisi kemerdekaan ini. Marilah kita senantiasa berdo'a dan berjuang dengan bersungguh-sungguh. Tuhan bersama kita, merdeka.... meredeka .... merdeka...!

Saudara saudari kami yang penuh semangat...

Demikian sedikit pesan penting yang dapat saya sampaikan pada kesempatan di hari yang penuh rahmat ini, semoga memberi manfaat sekaligus menjadi pengingat bagi kita semua betapa penting untuk meneruskan perjuangan para pahlawan-pahlawan bangsa.

Terima kasih perhatiannya. Mohon maaf apabila ada tutur kata yang kurang berkenan, dan akhir kata

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh #2

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua...

Dengan anugerah Tuhan yang maha Esa, yang telah diberikan kepada kita semua berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga pagi yang cerah ini kita sebagai bangsa Indonesia tercinta, baik di kota maupun pelosok tanah air kita bisa memperingati hari yang amat bersejarah, yaitu kemerdekaan.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air...

Pagi hari ini tepatnya tanggal 17 Agustus tahun …. berarti bangsa Indonesia memperingati Indonesia merdeka yang ke ….Hari yang bersejarah, tak pernah dilupakan selalu dikenang, diperingati, k arena mulai tanggal dan bulan tersebut Indonesia lahir, Indonesia bebas dari cengkeraman penjajah yang menindas, menjajah memperkosa hak asasi bangsa Indonesia waktu itu.

Sahabat- sahabatku sebangsa dan setanah air Indonesia

Ketahuilah bahwasannya kemerdekaan semata-mata anugerah dari Tuhan yang maha pemurah, dan juga disertai perjuangan yang mati-matian tak kenal lelah, tak pantang mundur, tak putus asa semuanya demi Indonesia yang tercinta ini. Pada pejuang kita bermandikan darah aikibat serangan dari penjajah angkara murka. Para penjajah bersenjatakan serba lengkap dan modem, tetapi pejuang kita hanya menggunakan senjata tradisional, yakni bambu runcing, Walaupun tidak imbang tentara yang dihadapi pejuang kita, namun semangat berkobar membara pejuang kita terus maju, maju, maju tak selangkahpun mundur beliau bersemboyan lebih baik mati dari pada diinjak-injak penjajah.

Saudara-saudari sebangsa dan satu bahasa....

Para pahlawan menyingkirkan para penjajah tidaklah ringan. akan tetapi nyawalah menjadi taruhan. Walaupun senjata yang serba terbatas, tetapi berkat pertolongan Tuhan yang maha pengasih, disertai semangat yang membara akhimya kemenangan ditangan pahlawan kita, yakni para penjajah menyingkir dari bumi tercinta Indonesia ini

Para hadirin seperjuangan...

Sebagai bangsa Indonesia hendaknya mengetahui tentang liku-liku perjuangan untuk merebut tanah air Indonesia. Sehingga sebagai generasi penerus tentunya merasa bangga dan menghargai jasa-jasa beliau para pejuang, yang banyak mati di medan perang demi Indonesia yang tercinta. Kita sebagai generasi penerus hendaknya mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya atas anugerah kemerdekaan Indonesia ini. Isi kemerdekaan ini dengan belajar, dan bekerja yang giat sesuai dengan profesi masing-masing.

Saudara-saudara yang saya hormati.

Kita sekarang hidup di tanah air Indonesia maju ini tentunya harus bangga berterima kasih kepada pemimpin-pemimpin kita atas keberhasilan dalam,pembangunan di segala bidang. Indonesia maju demi kesejahteraan rakyatnya. Keberhasilan pembangunan di Indonesia sudah kita rasakan bersama, sudah merasa, baik di kota maupun di desa-desa. Hal ini haruslah kita sadar, bahwa semuanya bisa terwujud adanya kerja sama yang baik, bersatu, bersemangat antara satu dengan lainnya

Saudara-saudara sebangsa yang saya cintai...

Sebagai generasi muda haruslah mampu mendukung pembangunan ini dengan sepenuhnya, ikut serta turun aktif, serta menjaga dan melestarikan pembangunan yang sudah wujud itu, jangan malah bikin keributan, perusakan, hura-hura yang berakibat mengganggu ketenangan masyarakat, mengganggu ketertiban keamanan, bila hal tersebut sampai terjadi sedemikian itu maka namanya generasi muda yang tidak mau mengisi serta meneruskan kemerdekaan, Indonesia. Itu namanya generasi muda yang tidak berfikir rasional dan hanya bersenang-senang serta membuat keributan.

Saudara-saudara yang saya hormati...

Melalui pidato peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke …. saya mengajak terutama kepada pribadi saya dan kepada lapisan generasi muda, mari kita melaksanakan aktifitas yang positif demi kemajuan kita bersama, agar menjadi generasi muda yang handal, kreatif maju demi bangsa Indonesia.

Para hadirin sebangsa yang saya cintai...

Dengan kemajuan yang begitu pesat negara Indonesia yang tercinta ini kita harus bangga atas keberhasilan pemimpin-pemimpin kita.

Mari kita berdo'a kepada Tuhan yang maha Esa, mudah-mudahan bangsa Indonesia tetap jaya selamanya, mudah-mudahan pemimpin-pemimpin kita diberi kekuatan untuk memimpin beraneka ragam corak bangsa Indonesia. Mudah-mudahan bangsa Indonesia damai, tentram dari gangguan, baik yang datangnya dari luar-maupun dari dalam.

Merdeka.. Merdeka.. Merdeka! Majulah Indonesia!

Demikian pesan singkat yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Dan apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati saudara sekalian saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Baca juga: Contoh pidato bahasa Inggris

Itulah tadi dua buah contoh naskah pidato peringatan 17 Agustus yang diharapkan dapat menginspirasi Anda.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Pidato Peringatan 17 Agustus
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Pidato Peringatan 17 Agustus ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Pidato Peringatan 17 Agustus"

Posting Komentar