Contoh Artikel Tentang Kenegaraan

Apakah Anda masih bingung apa itu artikel kenegaraan dan bagaimana cara menulisnya? Sederhana sekali, berikut ini adalah salah satu contoh artikel kenegaraan yang bisa Anda pelajari dengan seksama.

Contoh Artikel Kenegaraan


Indonesia, atau Republik Indonesia yang selanjutnya disingkat menjadi RI atau NKRI adalah sebuah negara besar yang terletak di Asia Tenggara berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dimana di negara ini terdapat ribuan pulau dengan adat-istiadat masing-masing.

Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, Nama lain yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 260 juta jiwa (2013), Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Meskipun jumlah mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, namun bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung.

Ibu kota negara Indonesia ialah Jakarta, atau yang dulunya bernama Batavia. Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor (bekas bagian provinsi dari Indonesia). Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa-bangsa lain. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting mulai abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Cina dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda, Indonesia yang saat itu bernama Hindia-Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan, ancaman dan tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri atas bangsa asli pribumi yakni Melayu dan Papua di mana bangsa Melayu yang terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian barat. Berdasarkan bangsa yang lebih spesifik, suku bangsa Jawa adalah suku bangsa yang termasuk dalam rumpun bangsa Melayu Deutero dan terbesar dengan populasi mencapai 41,7 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Adapun semboyan nasional Indonesia adalah "Bhinneka Tunggal Ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"), yang artinya adalah keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Indonesia merupakan salah satu anggota PBB dan satu-satunya anggota yang pernah keluar dari PBB, tepatnya pada tanggal 7 Januari 1965, dan bergabung kembali pada tanggal 28 September 1966 dan Indonesia tetap dinyatakan sebagai anggota yang ke-60, keanggotaan yang sama sejak bergabungnya Indonesia pada tanggal 28 September 1950. Selain PBB, Indonesia juga merupakan anggota dari ASEAN, APEC, OKI, G-20 dan akan menjadi anggota OECD.

Baca juga artikel: Pengertian Globalisasi dan Sejarahnya

Itulah salah satu contoh artikel tentang kenegaraan. Semoga artikel ini berguna bagi sahabat pembaca dimanapun Anda berada. Beraneka ragam, tapi tetap satu - Indonesia.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Artikel Tentang Kenegaraan
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Artikel Tentang Kenegaraan ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Artikel Tentang Kenegaraan"

Posting Komentar

close