Cara Menghilangkan Formalin Pada Ikan dan Makanan

Ditemukan banyak kasus ikan berformalin di pasaran. Kondisi ini sangat di sayangkan, namun nyatanya kita harus bisa bersikap waspada karena banyak orang yang memanfaatkan zat pengawet tersebut untuk dicampurkan pada mie, tahu, hingga ikan. Agar bisa awet dan tetap terlihat segar, mereka mencampur zat formalin pada ikan sebelum ikan tersebut di jual dipasar.

Baca juga:


Formalin bisa menyerang protein. Menggunakan formalin dalam dosis tinggi dapat pula menyebabkan kanker. Menurut IPCS, batas toleransi formalin yang masih bisa diterima oleh tubuh adalah 0,1 mg perliter untuk minuman, dan 0,2 mg perliter untuk makanan. Jika lebih sedikit dari batas tersebut maka akan menyebabkan pusing kepala.

Adapun beberapa dampak formalin bagi tubuh manusia antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kulit kemerahan, kulit seperti terbakar, alergi kulit
  2. Mata:iritatif, mata merah, berair, kebutaan
  3. Hidung mimisan
  4. Gangguan saluran pernafasan, suara serak, batuk kronis, sakit tenggorokan
  5. Iritatif lambung, mual muntah, mulas
  6. Kerusakan hati
  7. Radang paru
  8. Sakit kepala, lemas, susah tidur, sukit berkonsentrasi
  9. Kerusakan ginjal
  10. Kerusakan testis

Bagi Anda yang merasa khawatir dengan fenomena membahayakan - makanan bercampur formalin, artikel ini akan menjelaskan beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan formalin dari ikan dan juga jenis-jenis makanan konsumtif lainnya. Silakan simak cara untuk menghilangkan formalin pada ikan, mie, dan juga tahu seperti dijabarkan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Formalin Pada Makanan


Ikan Segar

Ikan segar yang dicampur formalin juga bisa dinetralkan kembali sehingga aman untuk dikonsumsi. Campurkan cuka ke dalam air hingga konsentrasinya mencapai 5%. Kemudian, rendam ikan di larutan tersebut selama 15 menit.

Ikan Asin

Ikan asin yang mengandung formalin perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan dan terlarut ke air rendamannya. Level formalin akan berkurang sebanyak 61.25% bila ikan asin direndam dalam air biasa. Sebaiknya, perendaman ikan asin dilakukan di air garam karena dapat menghilangkan level formalin hingga 89.5%.

Mie Basah

Pada mie basah, caranya lebih mudah lagi. Cukup rendam saja mie dalam air panas selama 30 menit. Teknik sederhana ini terbukti dapat menghilangkan kandungan formalinnya hingga 100%. Jangan lupa, cuci kembali mie dengan air biasa setelah perendaman untuk memastikan tidak ada sisa formalin yang masih menempel.

Tahu

Tahu yang ada formalin-nya pun bisa dinetralkan dengan cara yang mudah. Cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih kemudian menggorengnya. Teknik ini terbukti dapat menghilangkan hampir semua kandungan formalin di dalam tahu tersebut. Cara lain juga bisa dilakukan dengan mengukusnya atau merendamnya di air panas. Namun, kedua cara ini hanya dapat mengurangi kandungan formalinnya, bukan menghilangkannya secara menyeluruh.
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Menghilangkan Formalin Pada Ikan dan Makanan
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Menghilangkan Formalin Pada Ikan dan Makanan ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Menghilangkan Formalin Pada Ikan dan Makanan"

Posting Komentar

close