Cara Mengetahui Ikan Bercampur Formalin

loading...
Entah kenapa di negeri tercinta ini banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang siap melakukan apa saja asalkan bisa mendapat keuntungan. Selain kasus beras memakai pemutih, fenomena berbahaya lainnya adalah banyak ditemukan ikan berformalin. Padahal, formalin ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Ancaman penyakit yang bakal di derita pun tidak main-main. Sayangnya kesadaran segelintir orang  terkait permasalahan ini ternyata sangat rendah. Mereka tanpa merasa bersalah dengan sengaja mencampur formalin pada ikan agar tetap terlihat segar dan tidak berbau.

Ikan yang sudah mengandung formalin sebenarnya sangat mudah di kenali. Dari sisi fisik ikan jelas sudah berbeda dengan ikan yang tidak memakai formalin. Terlebih lagi ketika sudah dimasak, ikan yang berformalin akan tampak sangat keras seperti karet. Ikan tersebut terasa kenyal dan bagian daging tertentu akan sulit diambil karena sudah mengeras. Itu adalah salah satu ciri ikan yang sudah dicampuri formalin.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk mengetahui ciri-ciri ikan yang sudah berformalin, meskipun dari sisi fisik masih tampak segar.

Ciri-ciri Ikan Mengandung Formalin


1. Warna

Ikan yang masih segar memiliki insang berwarna merah darah yang terlihat segar. Ketika dipegang terasa sedikit kenyal dengan tekstur normal. Sementara ikan yang mengandung formalin memiliki insang merah yang sedikit gelap. Karena sudah melalui proses pengolahan yang kurang baik, insang ikan biasanya sedikit rusak dan jika dipegang tidak lagi terasa kenyal

2. Bau

Coba Anda dekatkan ke hidung Anda untuk mencium aroma ikan yang akan dibeli. Ikan segar masih berbau amis seperti cirikhasnya. Untuk ikan laut sedikit tercium bau garam sedangkan ikan tawar berbau lumpur. Adapun ikan berformalin memiliki bau yang agak aneh dan tidak berbau khas ikan.

3. Daging

Anda bisa mencoba memotong daging ikan untuk mengetahuinya, dimana ikan yang segar bertekstur empuk yang mudah sekali dipotong dan hasil potongan tampak bagus. Jika ikan berformalin ia akan terlihat lebih bersih dan terasa kaku karena mengalami proses pengawetan. Ikan berformalin lebih susah untuk dipotong dan teksturnya mudah rusak.

4. Keawetan

Ciri fisik ikan segar akan berubah saat tidak disimpan dalam lemari pendingin. Sementara ikan bercampur formalin mampu bertahan lebih lama tanpa mengalami perubahan berarti.

5. Reaksi Binatang Disekitar

Ini adalah salah satu cara mudah untuk mengetahui ikan bercampur formalin atau tidak. Silakan perhatikan reaksi binatang atau serangga yang ada di sekitar ikan. Pada umumnya ikan segar akan dikerubungi banyak sekali lalat, dan ikan yang dicampuri pengawet seperti formalin tidak akan didatangi lalat meskipun diletakkan tanpa penutup. Hal tersebu tidak lain adalah karena ikan sudah bercampur zat formalin yang tidak disukai lalat dan binatang sejenis.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengetahui ikan segar murni atau sudah mengandung zat formalin. Semoga informasi ini berguna. Dan pastikan Anda bersikap seksama, karena saat ini sepertinya sudah banyak ikan-ikan yang beredar di pasar yang sudah berformalin.

Bagaimana cara menghilangkan formalin pada ikan? Jika dimungkinkan, akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Update! Baca artikel: Cara menghilangkan formalin pada ikan dan makanan
loading...

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Mengetahui Ikan Bercampur Formalin
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Mengetahui Ikan Bercampur Formalin ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Mengetahui Ikan Bercampur Formalin"

Posting Komentar