5 Tips Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah sebuah kewajiban bagi ummat Islam. Mereka yang tidak sedang berhalangan diawajibkan atasnya untuk berpuasa dengan tata-cara yang sudah disebutkan dalam ajaran agama Islam.

Pada saat sedang berpuasa, kita akan menahan diri dari rasa lapar dan haus. Pun begitu dengan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Lalu bagaimana caranya supaya ketika kita sedang berpuasa kita mampu menahan rasa haus dan lapar?

Baca juga: Contoh Naskah Drama Religi Tentang Puasa

Pastikan Anda dapat menjalankan ibadah puasa secara sehat dan tidak mengganggu kesehatan Anda. Ada beberapa kiat agar Anda bisa tahan lapar dan dahaga saat sedang berpuasa. Silakan simak beberapa tips agar kuat puasa dengan mampu menahan rasa lapar serta haus.

Tips Agar Tahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa


1. Hindari Mengkonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Mie instan tentu sedap rasanya, tapi taukah Anda bahwa kandungan pada mie seperti natrium, lemak jenuh dan MSG dapat membuat Anda memiliki rasa dahaga atau rasa haus yang tinggi. Selain itu, tenggorokan pun akan menjadi kering. Selain itu, mie instan juga akan membuat Anda terasa cepat lapar.

"Mie instan itu mengandung kadar glikemik yang cukup tinggi, energi yang kita keluarkan banyak, sehingga cepat lapar," demikian jelas salah seorang dokter, seperti dikutip dari sebuah sumber.

2. Konsumsi Madu

Madu merupakan cairan manis yang mengandung kadar gula hingga 70-80 persen. Sisanya, adalah air, mineral, beberapa protein, asam dan partikel lainnya. Madu bagus untuk anti-bakteri, dan baik juga dikonsumsi secara rutin. Nah supaya Anda kuat berpuasa, Anda bisa makan 3 butir kurma dan 2 sendok makan madu setelah makan sahur dan begitu juga saat Anda berbuka puasa.

3. Tidur Yang Cukup Ketika Berpuasa

Salah seorang menjelaskan, saat puasa di bulan suci Ramadan jam tidur pasti akan berkurang karena aktivitas makan sahur setiap malam menjelang pagi. Dengan rutinitas ini, jam tidur otomatis akan berkurang jika dibandingkan seperti biasanya.

Namun demikian, menurut beliau, kurang tidur akan membuat nafsu makan meningkat dan terus berpengaruh sampai saat buka puasa. Maka dari itu, tidurlah yang cukup agar tidak cepat lapar saat sedang berpuasa.

4. Minum Sari Buah Ketika Berbuka

Untuk persiapan puasa di hari berikutnya, salah seorang ahli gizi mengatakan bahwa kehilangan elektrolit bisa diganti dengan mengonsumsi buah dan sayur. Jika tidak sempat makan buah dan sayur, yang bersangkutan menyarankan untuk mengonsumsi sari buah.

"Sebab, ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa air dengan kandungan elektrolit dikonsumsi, penyerapannya akan lebih baik, lebih cepat menghilangkan rasa haus, sekaligus mengganti elektrolit yang hilang," tutur beliau dilansir dari sebuah sumber.


5. Hindari Makan Berlebihan Saat Berbuka

Merasa cepat lapar tidak hanya saat ibadah puasa, cepat lapar bisa juga terjadi saat Anda sudah berbuka. Hal ini disebabkan makan yang berlebihan. Ketika seseorang merasa lapar dan kemudian kalap makan berlebihan, maka energinya akan terkonsentrasi ke lambung.

Metabolisme bekerja dengan lebih keras untuk mencerna makanan yang tiba-tiba saja memenuhi lambung, dan efeknya akan membuat tubuh jadi cepat lemas.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: 5 Tips Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel 5 Tips Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "5 Tips Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Saat Berpuasa"

Posting Komentar

close