Cara Perkembangbiakan Vegetatif dan Macam-macamnya

Apa itu perkembangbiakan vegetatif? Perkembangbiakan vegetatif adalah sebuah proses perkembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin tanpa bantuan manusia. Adapun macam-macam perkembangbiakan secara vegetatif alami adalah tunas, tunas adventif, geragi, akar tinggal, umbi akar, umbi batang dan umbu lapis.

Perkembangbiakan atau reproduksi secara vegetatif memiliki berbagai macam atau jenis-jenis cara dalam perkembangbiakannya. Sebelum mengulas berbagai cara perkembangbiakan vegetatif, ada baiknya kita membahas pengertian perkembangbiakan vegetatif itu sendiri.

Pengertian perkembangbiakan Vegetatif 


Perkembangbiakan vegetatif adalah terbentuknya individu baru tanpa melalui peleburan sel sperma dan ovum. Individu keturunannya akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Perkembangbiakan vegetatif ini dilakukan oleh hewan avertebrata, misalnya hewan kantong (coelenterata), cacing (vermes), dan hewan berkulit duri (Echinodermata). Macam-macam cara perkembangbiakan secara vegetatif diantaranya seperti dijelaskan dibawah.

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif


Macam-macam cara perkembangbiakan vegetatif dengan pembentukan kuncup, pemutusan tubuh (fragmentasi), dan partenogenesis antara lain sebagai berikut:

1. Pembentukan Kuncup

Contoh hewan yang berkembnag biak dengan membentuk kuncup adalah Hydra. Pada bagian kaki hewan kantong ini tumbuh kuncup. Semakin lama, kuncup itu semakin membesar. Kemudian tumbuh tentakel yang mengelilingi mulutnya. Jika kuncup yang terbentuk banyak, maka akan terbentuk koloni. Individu yang terbentuk itu dapat melepaskan diri dari induknya dan hidup bebas. Contoh hewan lain yang dapat membentuk kuncup adalah anemon laut. Anemon laut banyak dipelihara di akuarium. Bentuknya mirip bunga mawar sehingga disebut juga mawar laut.

2. Fragmentasi (Pemutusan Tubuh)

Fragmentasi adalah cara perkembangbiakan dengan pemutusan bagian tubuh. Fragmentasi dilakukan oleh hewan acertebrata, misalnya cacing pipih yaitu Planaria. Planaria yang banyak dijumpai di air tawa yang jernih dan berarus tenang dapat memutuskan tubuhnyam menjadi beberapa bagian. Tiap potongan tubuhnya kemudian dapat tumbuh menjadi individu baru.

3. Partenogenesis

Beberapa dari hewan dapat melakukan perkembangbiakan dengan cara partenogenesis. Partenogenesis adalah terbentuknya individu baru dari ovum tanpa melalui pembuahan (fertilisasi). Umumnya hewan melakukan partenogenesis hanya pada waktu tertentu. Contoh hewan yang melakukan partenogenesis adalah kutu daun. Kutu daun akan berpartenogenesis pada saat tersedia banyak makanan di lingkungannya. Contoh lain adalah Curtaceae, kadal padang pasir, dan belalang jambu.

Catataan


Perkembangbiakan vegetatif pada hewan meliputi:

  • Pembentukan kuncup contohnya Hydra
  • Fragmentasi contohnya planaria
  • Partenogenesis contohnya kutu daun

Demikian penjelasan ringkas mengenai macam-macam perkembangbiakan vegetatif serta macam-macamnya. Semoga penjelasan singkat dalam artikel ini dapat memberikan pemahaman kepada Anda.

www.contohnaskahdrama.com » Referensi artikel pendidikan

Post title: Cara Perkembangbiakan Vegetatif dan Macam-macamnya
Written by: Luki Hardian

Apabila Anda ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Cara Perkembangbiakan Vegetatif dan Macam-macamnya ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di social media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Perkembangbiakan Vegetatif dan Macam-macamnya"

Poskan Komentar