loading...

Pengertian dan Contoh Kata Serapan

loading...
Sebelum masuk ke pembahasan contoh kata serapan, terlebih dulu saya akan menjelaskan secara ringkas definisi atau arti dari kata serarapan.

Pengertian Kata Serapan


Kata serapan yang juga disebut sebagai kata pungut atau kata pinjam adalah kata yang sebenarnya berasal dari bahasa asing yang sudah diintegrasikan ke dalam suatu bahasa serta diterima pemakaiannya secara luas/umum.

Seiring dengan berjalannya waktu, bahasa Indonesia telah menyerap banyak kata dari bahasa-bahasa asing, khususnya yang pernah berhubungan langsung dengan wilayah Nusantara, baik melalui perdagangan, seperti kata dari bahasa Sanskerta, Tionghoa, atau Arab, melalui masa penjajahan, seperti masa penjajahan oleh Portugis, Belanda, dan Jepang, maupun disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang merujuk pada bahasa Inggris.

Contoh Kata Serapan


Beberapa contoh kata serapan/pungut dalam bahasa Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tetapi, kata Tetapi sebenarnya berasal dari bahasa Sanskerta tath√Ępi yang berarti namun itulah.
  • Mungkin, kata Mungkin berasal dari bahasa Arab, mumkinun yang berarti merujuk pada sebuah kemungkinan ‘?”
  • Kongko, kata Kongko berasal dari bahasa Hokkien kongko yang berarti bercakap
  • Meski, kata Meski berasal dari bahasa Portugis mas que yang berarti walau
  • Bengkel, kata Bengkel sebenarnya berasal dari bahasa Belanda winkel yang artinya adalah pojok atau toko.

Beberapa contoh kata serapan yang saya ulas diatas seperti yang kita ketahui bersama sekarang ini seperti sudah menjadi bagian dari bahasa Indonesia yang digunakan secara luas dan sangat umum.

Sementara itu, bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional tentunya menyumbang lebih banyak kata serapan, dan berikut ini beberapa contoh kata serapan dari bahasa Inggris.

Contoh Kata Serapan Dari Bahasa Inggris

Jika Anda mencari kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris, maka Anda akan menemukan banyak sekali macamnya. Berikut beberapa kata serapan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia:

Exist: Eksis
Account: Akun
Accessory: Aksesori
Acting: Akting
Active: Aktif
Actor: Aktor
Actress: Aktris
Aerobic: Aerobik
Allergy: Alergi
Apartment - Apartemen
Artist: Artis
Asset: Aset
Association: Asosiasi
Assumption: Asumsi
Astronaut: Astronot
Assumption: Asumsi
Opinion: Opini
Foundation: Fundasi

Demikian, semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan ilmu bagi Anda, khususnya bagi sahabat pembaca yang bergelut dibidang bahasa.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian dan Contoh Kata Serapan
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian dan Contoh Kata Serapan ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.