Pengertian Drama dan Jenis-jenisnya

Drama, istilah ini tentunya sudah sangat lekat bagi kebanyakan orang. Namun, sudahkan Anda mengerti definisi dari drama itu sendiri? Buat Anda yang belum paham tentang pengertian drama, melalui artikel ini saya ingin berbagi dengan Anda apa pengertian drama dalam sudut pandang yang sederhana.

Drama, pada dasarnya adalah sebuah bentuk dari karya sastara yang didalamnya terdapat bagian-bagian tertentu untuk diperankan, dan dalam hal ini seorang pemeran drama disebut sebagai aktor. Merujuk pada sejarah, istilah kosa kata "drama" sebenarnya berasal dari bahasa Yunani, yaitu salah satu bahasa tertua.

Kosakata kata "drama" dalam bahasa Yunani berarti "aksi" sehingga tidak mengherankan jika yang namanya drama pasti berisikan sebuah adegan aksi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan media secara umumnya, drama kemudian ditampilkan diberbagai media, seperti media televisi.

Di Tanah Air, istilah drama saat ini dikenal dalam wujud yang cukup beragam. Terdapat sekian banyak jenis-jenis prtunjukkan/adegan panggung yang mencerminkan sebuah adegan drama, seperti Ketoprak dan Ludruk untuk daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, Lenong untuk Betawi, dan Rangda untuk daerah Bali.

Adapun realisasi sebuah drama bergantung pada sejumlah hal sebagai berikut :

  • Naskah drama / skrip drama
  • Alur cerita
  • Pemain (tokoh)
  • Tempat pertunjukan (teater)
  • Amanat
  • Penonton

Beberapa hal diatas adalah unsur-unsur terpenting yang mendasari terwujudnya sebuah adegan atau pementasan suatu drama.

Secara garis besarnya drama dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu drama modern dan drama klasik. Drama modern atau drama baru umumnya berupa drama yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat terkait dengan rutinitas mereka sehari-hari. Sementara drama lama atau drama klasik pada umumnya adalah sebuah imajinasi pengarangan suatu ide cerita yang dalam hal ini dapat berupa cerita kehidupan tentang suatu kerajaan, sebuah tragedi, kisah kehidupan seseorang, dsb.

Jenis-jenis drama beradasarkan kandungan cerita/ide/tema ada banyak sekali, mulai drama komedi, drama sosial, drama persahabatandrama pendidikan, dsb.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Drama dan Jenis-jenisnya
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Drama dan Jenis-jenisnya ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.