loading...

Cara Mengatasi Stress

loading...
Sebagai manusia kita tidak pernah lepas dari yang namanya stress. Entah karena permasalahan pribadi, masalah pekerjaan, masalah asmara atau karena alasan-alasan lainnya ada kalanya kita akan merasakan stress. Tingkatan stress sendiri terbagi menjadi dua, yaitu stress normal, dan yang kedua adalah stress tingkat tinggi yang mengarah pada depresi.

Depresi adalah stress tingkat tinggi yang bisa menjadi sebuah permasalah serius bagi manusia. Sangat perlu untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar bisa terhindar dari tingkatan stress yang satu ini. Ketika seseorang sudah merasakan depresi, maka kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang tidak masuk akal sangat tinggi sehingga depresi adalah sebuah kondisi mental yang sangat menakutkan.

Agar bisa terhidar dari stress yang berlarut-larut serta terbebas dari kemungkinan mengalami depresi, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda. 

Ketika Anda mulai merasakan stress apapun pemicunya, sebakinya Anda melakukan beberapa hal berikut :

Lakukan sesuatu yang “gila”. Sesuatu yang gila yang dimaksudkan disini adalah sebuah kegiatan yang notabene jarang atau tidak pernah Anda lakukan sebelumnya. Bisa dengan berteriak, berpikir tentang sesuatu yang “heboh”, dsb. Ketika Anda terbawa dengan nuansa tersebut, maka stress yang tadinya Anda rasakan dengan sendirinya akan mulai menghilang.

Kosongkan pikiran Anda. Pemicu utama stress adalah karena tekanan pikiran yang dialami oleh seseorang. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengkosongkan pikiran Anda untuk sementara waktu. Ini memang sesuatu yang hampir mustahil bisa dilakukan terlebih lagi jika Anda memang sedang punya masalah besar, namun Anda tetap bisa mencobanya dengan berusaha menjadi orang yang cuek dengan masalah Anda.

Fokus pada sesuatu yang Anda sukai. Tentunya ada banyak sekali hal-hal yang bisa membuat Anda merasa terhibur, apapun bentuknya Anda bisa menjadikan objek kesukaan Anda itu untuk menyelematkan diri Anda dari rasa stress.

Berpikir secara logis. Dengan menjadi pribadi yang mampu berpikir secara luas, Anda akan selalu mengerti makna dari sebuah kehidupan. Dalam keseharian kita ada kalanya kita merasakan sebuah kebahagiaan, dan ada kalanya juga kita akan dihampiri oleh kegundaan. Jika Anda mampu berpikir secara logis, maka stress tidak akan bisa menjamah Anda dalam rentang waktu yang lama.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Mengatasi Stress
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Mengatasi Stress ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.