Contoh Naskah Drama Untuk 7 Orang

» ,,,,,
Naskah drama yang akan saya share dengan sahabat pembaca pecinta drama kali ini adalah naskah dialog drama untuk 7 orang pemain. Ya, sering kali diantara kita mendapatkan tugas atau dengan kemauhan sendiri untuk menjadi pemeran drama, dan pada kesempatan ini saya ingin berbagi contoh naskah drama untuk 7 orang pemeran.

Drama 7 orang dibawah ini merupakan sebuah drama dengan tema kepedulian sosial dimana ia menceritakan tentang 7 orang remaja disebuah desa yang merasa prihatin dan juga kuatir dengan prilaku masyarakta yang tidak mau menjaga kebersihan lingkungan.

Adapun contoh teks drama yang sudah sempat saya share sebelumnya diantaranya adalah contoh naskah drama persahabatan, naskah drama tema pendidikan, dan contoh naskah drama sekolah. Dan bagi sahabat pembaca yang sedang mencari contoh naskah drama 7 orang, berikut ini contohnya.

Judul : Kebersihan Lingkungan

Tema : Drama Sosial

Pemeran :

1. Yongky
2. Tono
3. Hamanto
4. Musa
5. Doni
6. Lukman
7. Indiana

Yongky, dan keenam temannya merupakan remaja yang sangat peduli dengan kondisi kesehatan lingkungannya. Pada suatu hari, Yongky dan teman-temannya berkumpul disebuah tempat dan mereka membahas tentang prilaku masyarakat yang tidak memiliki kecintaan terhadap kesehatan lingkungan dengan membuang sampah secara asal-asalan.

Melihat wacana ini, Yongky dan keenam temannya merasa sangat kuatir suatu hari nanti desanya akan menjadi desa yang bermasalah lantaran prilaku warganya yang tidak memperhatikan kebersihan.

Naskah dialog drama

Yongky :
Kalau masyarakat tidak punya kesadaran, dan membuang sampah tidak pada tempatnya, maka sepertinya tidak lama lagi kampung kita ini akan dilanda banjir.

Tono :
Iya, benar itu. Seharusnya masyarakat memiliki kesadaran bahwa sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan kampung agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

Hamanto :
Memang susah untuk bisa menyadarkan warga. Kalian tahu kalau warga masyarakat di kampung kita ini memang cukup primitif dan pola pikirnya masih sangat memprihatinkan.

Musa :
Iya, memang begitulah kondisinya. Andai saja mereka peka terhadap lingkungannya, tentu mereka tidak akan membuang sampah sembarangan.

Doni :
Lalu, menurut kalian apa ada solusi yang terbaik untuk menyikapi kondisi ini? Apa yang harus kita lakukan agar warga dikampung kita ini lebih peduli dengan kesehata lingkungannya?

Lukman :
Sudahlah, kalian tidak usah terlalu memperdulikan lingkungan. Bagaimanapun juga kita tidak akan bisa menjadikan desa ini bersih, karena masyarakatnya memang sulit diatur.

Indiana :
Kamu tidak boleh berpikiran seperti itu dong Luk. Bagaimanapun juga kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan didesa kita, dan untuk itu kita memang harus rela sedikit keluar keringat, baik itu dengan membuat warga memiliki kesadaran, memasang papan tanda, atau dengan cara-cara yang lainnya.

Yongky :
Aku setuju dengan gagasan kamu. Sebaiknya kita mulai membangun kesadaran warga agar permasalahan ini tidak terus berlanjut.

Tono :
Saya juga sangat setuju, tapi permasalahannya darimana kita harus memulainya? Apakah kita harus memberikan sangsi kepada warga yang tidak patuh terhadap peraturan?

Hamanto :
Kalau menurut saya, sebaiknya kita membuat agenda pertemuan atau seperti dialog bersama, lalu kita sampaikan kepada para warga bahwasannya mereka harus peduli dengan kesehatan lingkungannya, dan tidak membuang sampah sesukanya.

Musa :
Bagus itu, saya setuju dengan gagasan itu. Sebaiknya kita ajak warga untuk berkumpul, dan kita kasih pencerahan sedikit tentang pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Doni :
Okey, kalau begitu menurut kalian kapan waktu yang tepat bagi kita akan membuat jadwal pertemuan?

Lukman :
Kalau bisa, menurut aku harus secepatnya. Tapi, usahakan jadwal pertemuannya disaat mereka sedang ada waktu lowong agar semua yang diundang bisa hadir.

Indiana :
Iya, aku sangat setuju. Sebaiknya kita membuat agenda pertemuan secepatnya, dan kita akan menyusun acara apa saja yang akan dibahas pada pertemuan itu.

Yongky :
Okey, nanti malam saya akan menemui kepala desa dulu untuk memberitahukan agenda kita, dan setelah itu saya akan kabari kalian.

Teman-teman Yongky :
Okey, kami akan menunggu kabar dari kamu. Jika kamu sudah bertemu dengan bapak kepala desa, silakan kabari kami secepatnya.

Naskah dialog drama - Selesai

Demikian contoh naskah drama 7 orang pemain dengan topik seputar kebersihan lingkungan. Semoga artikel contoh naskah drama ini bermanfaat bagi sahabat pembaca yang sedang membutuhkannya.

Bagikan / like artikel :