Contoh Kalimat Simple Past Tense

Simple Past Tense adalah salah satu bentuk kalimat yang sering kita dengar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Ini adalah salah satu perbedaan belajar bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia dimana dalam bahasa Indonesia kita tidak mengenal keterangan waktu karena ia dijelaskan dalam bentuk penambahan kata, sementara dalam bahasa Inggris bentuk kata tersebut akan dirubah sesuai dengan keterangan waktunya, salah satunya adalah Simple Past Tense.

Dalam bahasa Inggris Anda akan mengenal yang namanya tensis (tense). Tensis adalah bentuk keterangan waktu yang dapat mengubah kata awal dari kalimat tersebut, seperti read menjai reading, take menjadi took atau taken, go menjadi went, dan lain sebagainya. Perubahan bentuk kata awal tersebut akan terjadi sesuai dengan waktu kejadiannya.

Kalimat simple past tense sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Secara umum, setiap kalimat dalam bahasa Inggris dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu kalimat positif (+), kalimat negatif (-) dan kalimat interogatif (?). Jenis-jenis kalimat tersebut juga berlaku untuk kalimat yang masuk dalam kategori kalimat simple past tense.

Contoh kalimat positif :

  • I am rading a book (saya sedang membaca buku)

Contoh kalimat negatif :

  • I don't read a book (saya tidak membaca buku)

Contoh kalimat interogatif :

  • Do you read a book (apakah kamu sedang membaca buku?)

Kembali ke topik utama kita, yaitu mengenai simple past tense. Simple past tense adalah suatu bentuk kalimat atau kata kerja sederhana yang menunjukkan suatu kejadian yang terjadi di masa lampau. Pada simple past tense, waktu kejadian (yesterday, last two days, last year) atau periode waktunya (for two months, for a day, for an hour) bisa disebutkan secara spesifik.

Agar Anda bisa memahami simple past tense secara lebih mudah, silakan perhatikan rumus simple past tense dibawah ini.

Rumus simple past tense untuk kalimat positif, negatif, dan kalimat interogatif


Jenis Kalimat     RumusContoh Simple Past Tense
positif
(+)
S + Verb-2 (past tense)
S + be(was/were)
The tourism guide came.
I was a stamp collector.
negatif
(-)
S + did + not + bare infinitive
S + be(was/were) + not
The tourism guide did not come.
I was not a stamp collector.
interogatif
(?)
Did + S + bare infinitive
be(was/were) + S
Did the tourism guide come?
Was I a stamp collector?

Contoh kalimat simple past tense


Dini and I went to the supermarket for shopping two months ago.
(Saya dan Dini pergi ke supermarket dua bulan lalu.)

Did she come on time yesterday?
(Apakah dia (perempuan) datang tepat waktu kemarin?)

The meeting started at 08.00 AM.
(Rapat dimulai pada pukul delapan pagi.)

Did you sleep well last night?
(Apakah kamu tidur dengan baik semalam?)

Demikian artikel singkat yang mengulas tentang kalimat simple past tense beserta beberapa contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar bahasa Inggris. Sebuah keharusan bagi kita untuk mengerti bahasa Inggris, setidaknya level dasar karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional.



Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Kalimat Simple Past Tense
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Kalimat Simple Past Tense ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.