loading...

Contoh Artikel Ilmiah

loading...
Artikel ilmiah sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Anda yang sedang memiliki tugas untuk membuat artikel ilmiah dapat menulis sebuah Artikel ilmiah dengan topik kesehatan, pendidikan, opini, atau hal-hal lainnya yang mencirikan sebuah Artikel ilmiah itu sendiri.

Sebelumnya saya sudah post artikel terkait, yaitu contoh artikel kesehatan. Contoh artikel yang saya publish sebelumnya sebenarnya memiliki persamaan dengan contoh artikel ilmiah yang akan saya share dibawah ini. Keduanya merupakan sama-sama artikel pendidikan yang disisi lain juga dapat dinilai sebagai artikel ilmiah.

Baiklah, bagi sahabat pembaca yang sedang mencari contoh artikel imiah, berikut ini adalah contoh artikel ilmiah kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Menghindari Bau Mulut

Ketika kita berinteraksi dengan orang lain, kita akan menggunakan bibir untuk bicara. Salah satu organ tubuh kita, yaitu mulut akan terbuka untuk mengeluarkan sebuah suara, dan dalam hal ini kita akan sangat merasa terganggu manakala kita memiliki bau mulut yang tidak sedap. 

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang mudah terkena bakteri akibat sisa-sisa makanan yang kita konsumsi secara rutin. Jika kita kurang care terhadap gigi kita, maka besar kemungkinan bau mulut kita akan menjadi tidak terkendali, dan dapat mengeluarkan aroma yang sangat menyengat.

Kuman sangat mudah menempel pada gigi, oleh yang demikian maka kita diharuskan untuk senantiasa memiliki gigi yang bersih dan terbebas dari kuman yang dapat menyebabkan bayu mulut yang sangat tidak sedap. Dan berikut ini adalah sejumlah tips untuk mencegah bau mulut, dan cara mencegahnya.

  • Anda harus membiasakan diri menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Pada saat tidur, mulut tertutup dan menyebabkan air liur tidak bersirkulasi, bakteri akan berkembang biak dua kali lipat lebih banyak. Bakteri yang semakin banyak akan merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu, sikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menghindari terjadinya gangguan gigi dan gusi yang lebih buruk lagi.
  • Anda harus segera menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan yang manis dan lengket. Sisa makanan manis yang tidak segera dibersihkan menjadi penyebab utama terjadinya gigi berlubang. Begitu pula makanan yang lengket, makanan ini harus segera dibersihkan supaya tidak tertimbun dan nantinya semakin sulit dibersihkan.
  • Pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut/halus. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin keras menyikat gigi akan semakin bersih hasilnya. Asumsi tersebut salah, karena menyikat gigi dengan keras justru dapat menyebabkan terkikisnya lapisan pelindung pada gigi.
  • Sikatlah gigi Anda dengan cara yang baik dan benar. Sikatlah gigi Anda mulai arah ke atas lalu ke bawah atau dari arah gusi ke arah ujung gigi.
  • Gantilah sikat gigi Anda tiga bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Penempatan sikat gigi pun harus diperhatikan. Letakkan sikat gigi di dalam kamar mandi dengan wadah tertutup atau dimasukkan ke dalam lemari di balik cermin di kamar mandi agar tidak ditempeli oleh kuman atau bakteri.

Demikian contoh artikel imliah tentang kesehatan, semoga artikel ilmiah tentang kesehatan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi contoh artikel imliah.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Artikel Ilmiah
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Artikel Ilmiah ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.