Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat resign – Seorang karyawan yang beniat untuk mengundurkan diri dari tempat kerjanya diharuskan untuk membuat surat terlebih dulu, yaitu surat resign atau surat pengunduran diri. Ini adalah bagian dari prosedur pengunduran diri seorang karyawan sekaligus sebagai wujud dari sikap profesionalitas dalam bekerja.

Surat Pengunduran Diri biasanya dibuat setidaknya satu bulan sebelum tanggal pengunduran diri. Ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan menemukan pengganti karyawan yang berencana untuk resign. Dengan batas waktu sekurang-kurangnya satu bulan, perusahaan memiliki waktu untuk menemukan karyawan baru untuk mengisi posisi yang ditinggalkan karyawan yang mengundurkan diri tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan


Berikut ini contoh surat resign atau surat pengunduran diri yang baik untuk karyawan yang berniat berhenti bekerja.

Kepada Yth,
Kabag Personalia PT. LARAS AGUNG, Tbk.
Up. Ibu Rohma Wati
di-Tempat

Perihal : Surat Pengunduran Diri
Lamp.  : -

Dengan hromat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ALI YUDIAS
Jabatan : Staff Produksi
Tanggal masuk : 12 Nopember 2011

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. LARAS AGUNG terhitung mulai tanggal 20 April 2013 dikarenakan saya harus istirahat selama 3 (tiga) bulan guna mengikuti proses penyembuhan saya sebagaimana yang dianjurkan oleh dokter.

Bersama ini saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran management PT. LARAS AGUNG, Tbk atas pengunduran diri saya.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. LARAS AGUNG, Tbk karena selama ini sudah memberikan saya tempat untuk berkarir dengan sangat nyaman.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatiannya disampaikan banyak terimakasih.

Surabaya, 10 April 2013
Hormat saya,


ALI YUDIAS
Karyawan

Seperti dijelaskan diatas, bahwa yang bersangkutan memutuskan untuk mengundurkan diri karena alasan kesehatan, dan dalam hal ini silakan disesuaikan dengan alasan pengunduran diri Anda.

Contoh Surat Resign Dari Perusahaan


Sementara berikut ini adalah varian dari contoh surat pengunduran diri lainnya yang juga bisa Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran dalam membuat surat pengunduran diri yang sopan.

Bali, 11 Agustus 2018
Kepada Yth,
HRD PT. Guna Darma Wijaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Guna Darma Wijaya sesuai Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ................................
Departemen : ................................
Jabatan : ................................
NIK : ................................

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT. Guna Darma Wijaya akibat sakit yang saya derita. Surat ini saya buat dengan kaidah hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memaklumi keputusan yang saya buat mengacu pada kondisi saya.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya,

tanda tangan

(Nama Anda)

Contoh Surat Terkait :


Demikian dua buah contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Semoga referensi ini berguna bagi Anda yang berniat untuk mengundurkan diri atas suatu hal atau alasan.

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Surat Pengunduran Diri
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Surat Pengunduran Diri ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

close